Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma Untuk Kesehatan
===================================





Buah kurma tentu sudah tak asing lagi di telinga, terutama untuk umat Islam. Buah yang identik dengan menu buka puasa ini memang sangat unik. Selain bentuknya kecil, rasa sangat manis, dan jenisnya banyak, ternyata manfaat kulit kurma beserta daging buahnya juga sangat baik untuk tubuh.


kulit kurma, khasiat kulit kurma, manfaat kulit kurma


Pada daging buahnya terdapat zat gula yang langsung bisa dicerna oleh tubuh. Tak hanya itu, pada bagian kulit buah kurma yang tipis transparan juga terdapat senyawa yang bagus untuk obat seperti Obat Titan Gel yang sangat baik untuk kesehatan. Lantas, apa saja khasiat dari kulit buah yang biasa dijadikan oleh-oleh ibadah haji ini?

1. Membantu Menyehatkan Usus

Usus merupakan bagian tubuh yang sangat penting dalam proses pencernaan. Agar usus bekerja secara maksimal, akan sangat baik bila Anda mengkonsumsi serat terbaik. Oleh karena itu, cobalah mengkonsumsi kulit buah kurma yang kaya akan serat dan mudah dicerna oleh lambung.
2. Mencegah Rematik

Selain membuat usus bekerja dengan maksimal, khasiat kulit kurma juga bisa untuk mencegah rematik. Rematik adalah penyakit yang cukup menyakitkan dan berbahaya bila sudah akut. Untuk mencegahnya, Anda bisa mengonsumsi kulit buah yang kaya akan mineral penting ini.
3. Sebagai Anti Oksidan Alami

Tak hanya mengandung mineral, kulit kurma juga mengandung anti oksidan yang berguna untuk penangkal radikal bebas yang ada di lingkungan Kita. Anti oksidan ini sangat baik untuk kesehatan tubuh.
4. Mencegah Penyakit Kanker Otak

Seperti penjelasan di atas,  kulit kurma mengandung anti oksidan bisa menangkal radikal bebas. Tak hanya menangkal radikal bebas, tetapi bisa mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker harus dicegah sedini mungkin, yakni menjaga pola makan sehat yang benar.
5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat kulit kurma juga bisa untuk multivitamin yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kurma juga sudah dibuat sirup yang banyak dijual di apotek sebagai  salah satu obat penguat kekebalan tubuh atau pemulihan tubuh yang sedang terserang penyakit.
6. Sumber Energi yang Baik

Kalau orang yang sedang berpuasa juga dianjurkan sahur dengan kurma karena mengandung energi yang banyak. Selain itu pada bagian kulit kurma terdapat senyawa aktif yang membantu tubuh mengembalikan energi setelah berpuasa. Jadi, buah yang satu ini baik juga untuk berbuka.
7. Mencegah Berbagai Jenis Kanker

Seperti telah disebutkan di atas, manfaat kulit kurma juga bagus untuk mencegah penyakit kanker otak. Ternyata bukan otak saja, kurma ini dapat mencegah berbagai kanker. Hal ini karena kandungan yang terdapat di bagian kulitnya ada polifenol, tannin, sterol, dan karoten.
8. Membantu Penyembuhan Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang sangat berbahaya dan harus diatasi sesegera mungkin. Dengan kulit kurma, bisa membantu penderita demam berdarah untuk segera pulih. Hal ini karena kandungan buah kurma dan kulitnya dapat meningkatkan trombosit secara cepat. 23, 90 % adalah presentase peningkatan trombosit kalau meminum  sari kurma.
9. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ yang amat penting dalam tubuh. Agar organ jantung tetap sehat, Kita dapat memakan kulit kurma secara rutin. Kaliumlah yang membuat jantung menjadi sehat. Kalium terdapat pada kurma dan kulitnya.
10. Melancarkan Peredaran Darah

Selain menyehatkan jantung, peredaran darah juga dapat dilancarkan dengan mengonsumsi kulit kurma. Kandungan kalium juga bermanfaat untuk peredaran darah.
11. Mencegah Risiko Stroke

Stroke yang kini sering diderita banyak orang ternyata bisa dicegah dengan mengonsumi kulit kurma. Kulit buah ini bermanfaat untuk mengurangi kolesterol sekaligus menjaga kebugaran tubuh.
12. Membersihkan Sistem Pencernaan

Sudah dibahas sebelumnya jika kulit kurma mampu menyehatkan usus. Oleh karena itu, kulit buah yang berasal dari timur tengah ini juga bisa menyehatkan sistem cerna. Kelebihan lain jika dibandingkan dengan kulit buah lainnya adalah kandungan serat di dalamnya. Serat yang ada pada kulit buah satu ini sangat mudah dicerna sehingga dapat melancarkan BAB.
13. Cocok Bagi Penderita Hipertensi

Kurma mengandung kalium yang tinggi namun rendah natrium. Sehingga sangat aman untuk  penderita hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang membuat penderitanya harus memilih makanan yang tepat untuk tubuhnya. Kalau sembarangan bisa fatal akibatnya.
15. Mencegah Anemia

Pada kulit kurma terdapat zat besi yang tinggi sehingga dapat membantu menambah darah. Bagi ibu hamil, kurma ini juga sangat baik untuk dikonsumsi.
16. Mencegah Insomnia

Manfaat kulit kurma selanjutnya adalah untuk mencegah dan mengobati insomnia. Insomnia atau gangguan susah tidur memang sangatlah mengganggu. Agar insomnia terbebas dari tubuh Anda, konsumsi kulit buah kurma adalah pilihan yang terbaik.
17. Meningkatkan Daya Kerja Otak

Kalium yang ada pada kulit buah kurma juga membantu Anda agar daya ingat terus tajam. Tentunya daya ingat ini penting agar memori dalam otak selalu fresh.
18. Kecantikan Kulit

Tak sekadar untuk kesehatan, namun kulit kurma juga bisa untuk menghaluskan kulit. Kalau Anda mau kulit yang lembab dan halus rajinlah minum jus kulit kurma.




Komentar